WORKSHOP PPL BERBASIS LESSON STUDY
Unlam sedang menggagas peningkatan mutu Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa calon guru yang belajar di FKIP. Sejauh ini PPL merupakan bagian dari perkualiahan di FKIP yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenal sekolah dan pengalaman mengajar. Diharapkan mereka memiliki kompetensi sebagaimana layaknya seorang guru. Kompetensi tersebut antara lain meliputi pengetahuan tentang materi pelajaran (content knowledge) dan pengetahuan tentang bagaimana mengajarkannya (pedagogical content knowledge).
Rektor Unlam Prof Dr Sutarto Hadi dalam sambutan pada pembukaan workshop menekankan pentingya peningkatkan mutu Program PPL. Menurut Rektor kualitas pendidikan ditentukan oleh profesionalisme guru. Sementara program pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan dan penataran (in-service training) tidak efektif menjangkau guru dalam jumlah besar. Selain itu, tidak efisien karena memerlukan dana yang sangat besar. Cara yang efektif dalam meningkatan mutu pendidikan adalah melalui pengembangan kompetensi mahasiswa calon guru (prospective teachers). Mahasiswa calon guru inilah yang akan menggantikan guru yang memasuki usia pensiun. Setiap tahun ada kurang lebih 500 ribu guru yang akan memasuki purna tugas. Melalui pembinaan yang efektif terhadap mahasiswa calon guru, maka sekolah-sekolah memperoleh guru-guru muda yang siap menerapkan inovasi di sekolah.
Dalam rangka mempersiapkan guru berkualitas, Unlam bekerja sama dengan USAID-HELM menyelenggarakan Workshop PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) berbasis Lesson Study. Kegiatan ini mengundang narasumber Prof Dr Herawati Susilo dari Universitas Negeri Malang (UM). Prof Herawati adalah Guru Besar Pendidikan Biologi, FMIPA UM yang berpengalaman dalam menerapkan PPL berbasis Lesson Study. Sejauh ini, pengembangan profesionalisme guru menggunakan Lesson Study berhasil dalam meningkatkan mutu pembelajaran di berbagai daerah di Indonesia. Konsep yang diadopsi dari Jepang ini juga berhasil diterapkan di beberapa negara. Mengacu pada keberhasilan tersebut Unlam akan melakukan revitalisasi Program PPL FKIP dengan berbasis Lesson Study.
Workshop yang berlangsung selama dua hari (25-26 Mei 2015) diikuti seluruh Ketua Prodi di lingkungan FKIP Unlam dan enam Kepala SMPN di Banjarmasin yang akan menjadi mitra Unlam dalam menerapkan PPL Berbasis Lesson Study. Tim Action Research Program (ARP) dari FKIP Unlam,yaitu Dr H Ahmad Sofyan, MA, Dra Agni Danaryanti, MPd, dan Noor Ika Chandra, MPd turut hadir memberikan semangat kepada Ketua Prodi dan Kepala Sekolah untuk menerapkan program yang akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas guru dan pembelajaran ini.