Transformasi Manajemen Pendidikan: ULM Gelar Seminar Internasional
- Posted by Humas ULM
- Categories Berita Lainnya
- Date 26 October 2024
Banjarmasin – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Banjarmasin mengadakan seminar internasional yang mengumpulkan pakar pendidikan dunia untuk membahas transformasi manajemen pendidikan. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi emas berkualitas melalui kepemimpinan, pemberdayaan, dan digitalisasi. Prof. Ahmad Suriansyah, pakar pendidikan ULM, menyatakan bahwa acara ini bertujuan menghasilkan ide-ide baru untuk membuat manajemen pendidikan lebih efektif dan efisien.
Prof. Suriansyah, yang juga Ketua Dewan Kehormatan dan Dewan Pakar Ikatan Sarjana Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia (ISMAPI) Provinsi Kalimantan Selatan, menyoroti bahwa salah satu kelemahan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia adalah faktor kepemimpinan. Menurutnya, keberhasilan institusi pendidikan sangat bergantung pada pemimpinnya, mulai dari kepala sekolah hingga pejabat di Dinas Pendidikan.
Ia menekankan pentingnya model kepemimpinan yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, model manajemen sekolah unggul dan kepemimpinan pendidikan di era digitalisasi sangat diperlukan untuk mencapai generasi emas yang berkualitas. Namun, ia juga mengingatkan pentingnya mempertahankan kearifan lokal dalam pengembangan sekolah unggul, khususnya di Kalimantan Selatan.
Seminar ini merupakan bagian dari Rapat Kerja Nasional ISMAPI dan Musyawarah Asosiasi Prodi Manajemen/Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) tahun 2024 yang berlangsung selama tiga hari di Swiss-Belhotel Borneo Banjarmasin. Acara pembukaan dihadiri oleh Rektor ULM Ahmad Alim Bachri dan Ketua Umum ISMAPI Prof. Ibrahim Bafadal dari Universitas Negeri Malang.
Pembicara utama dalam seminar ini termasuk Dirjen Pendidikan Tinggi Prof. Dr. rer.nat Abdul Haris, M.Sc., Education Advisor and Teacher Specialist dari Inggris Philip Bebb, dosen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Dr. (H.C) Abdul Halim Iskandar, M.Pd, Dr. Ishak Sin dari Universiti Utara Malaysia, dan Prof. Anabella Villa Valdes, Ph.D dari Universitas Negeri Mindanao, Filipina.
Ketua ISMAPI Provinsi Kalimantan Selatan, Sulistyana, melaporkan bahwa sesi diskusi paralel yang terbagi dalam enam kelas diharapkan dapat menghasilkan rumusan untuk meningkatkan kesadaran akademisi dan praktisi pendidikan tentang pentingnya transformasi manajemen sekolah dan kepemimpinan, serta menghasilkan model manajemen kurikulum, pendidikan karakter, dan layanan pendidikan inklusi serta bimbingan konseling.
Previous post
ULM Hadiri Forum DMSF Kabupaten Banjar, Diskusikan Keberlanjutan YESS Program Kementerian Pertanian
Next post