ULM SIAP TINGKATKAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK
Banjarmasin, Sosialisasi Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat, Senin (17/7/2017). Bertempat di aula lt.2 Rektorat, hadir dalam acara Rektor ULM Prof.Dr. H. Sutarto Hadi M.Si., M.Sc., Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Achmad Alim Bachri, M.Si, serta PPID Pelaksana Pembantu dan Petugas Informasi Pelaksana Pembantu Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, Rektorat dan UPT dengan Narasumber Kabag Komunikasi Publik Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti RI Munawir Sadzali Razak, S.IP., MA dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Prof. Dr. Yudi Firmanul Ariffin, M.Sc. Selain mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan  Permenristekdikti No. 75 Tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kemenristekdikti. Sosialisasi ini juga mendukung open goverment dari salah satu arah kebijakan dan strategi sub agenda Nawacita yakni, pembentukan PPID, peningkatan kesadaran masyarakat tentang keterbukaan informasi publik, publikasi semua proses perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan anggaran, penyediaan ruang partisipasi publik dalam menyusun dan mengawasi pelaksanaan kebijakan publik, pengembangan sistem publikasi informasi proaktif dan interaktif yang dapat diakses publik, dan pengelolaan sistem dan jaringan informasi kearsipan nasional. Selain itu, dalam sosialisasi ini dijelaskan bagaimana sistem yang bekerja didalam PPID serta struktur yang yang terdapat didalam PPID.
Sampai saat ini Universitas Lambung Mangkurat terus meningkatkan pelayanan informasi kepada publik karena berkaitan dengan kewajiban kita untuk memberikan seluruh informasi kepada masyarakat dengan pengecualian tertentu. Sebagai bentuk komitmen dari ULM Rektor sebagai Atasan PPID Pelaksana dan Wakil Rektor IV sebagai PPID Pelaksana telah menandatangi maklumat pelayanan informasi publik dengan membentuk Unit Layanan Terpadu sebagai tempat pelayanan informasi kepada masyarakat. Hal ini diharapkan untuk bisa terus meningkatkan pelayanan pemberian informasi yang cepat, tepat, dan akurat kepada masyarakat sebagai tanggung jawab terhadap pemberian informasi kepada masyarakat. (Humas ULM)