“Exploring the Potential of the Millenial Generation in the Development of Indonesia’s Creativity & Economy” Ajarkan Strategi dan Kesempatan Usaha di Era Digital Bisnis
- Posted by Humas ULM
- Categories Berita Lainnya
- Date 8 July 2024
Banjarmasin – Pendekatan baru dalam ekonomi kreatif membuat peran generasi millenial sangat diperlukan dalam pengembangannya. Hal ini juga sangat disadari oleh civitas akademika Universitas Lambung Mangkurat melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menggelar acara seminar internasional bertemakan “Exploring the Potential of the Millenial Generation in the Development of Indonesia’s Creativity & Economy” pada Sabtu (6/7/2024).
Acara yang digelar di Lecture Theatre FEB ini membahas tentang strategi dan kesempatan-kesempatan yang terbuka luas bagi para generasi millenial dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia bersama dengan dua narasumber yakni M. Zain Mahbuby, CETP, CLMA (Certified Leadership Management Associate), dan Hajriansyah, M.Ag (Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin). Kedua narasumber memberikan wawasan tentang ekonomi digital 4.0 dan kesempatan-kesempatan serta strategi dalam mengembangkan usaha di era digital bisnis.
Wakil Rektor IV Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc yang hadir sekaligus membuka acara ini sangat mengapresiasi penyelenggaraan seminar internasional yang diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa ULM khususnya untuk dapat mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Acara yang juga disakikan oleh Dekan FEB Prof. Dr. Ahmad Yunani, SE., M.Si diharapkan dapat membuat mahasiswa mampu mengidentifikasi diri terhadap potensi apa yang dimiliki untuk bisa berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.
“Once again I send my gratitude for the all participant, speakers for dedication, and commitment for advancing this important seminar,” pungkasnya.
Generasi milenial adalah generasi yang lahir antara awal 1980-an hingga pertengahan 1990-an hingga awal 2000-an kini menjadi salah satu kelompok demografis terbesar dan paling berpengaruh di dunia, termasuk di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, generasi ini telah menunjukkan potensi yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam bidang kreativitas dan ekonomi.
Pertumbuhan teknologi digital dan akses informasi yang mudah telah memungkinkan generasi milenial untuk menjadi lebih inovatif dan berdaya saing. Mereka tidak hanya mengonsumsi, tetapi juga aktif menciptakan tren baru yang mendorong perubahan sosial dan ekonomi.
Di Indonesia, peran generasi milenial dalam pembangunan ekonomi semakin krusial. Mereka adalah penggerak utama dalam sektor-sektor kreatif seperti industri musik, film, seni, fashion, dan teknologi.
Keberadaan media sosial dan platform digital telah memberikan ruang bagi para milenial untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menjangkau audiens global. Selain itu, banyak milenial yang terjun ke dunia wirausaha, menciptakan startup-startup inovatif yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional.
![WhatsApp Image 2024-07-11 at 10.41.00 (5)](https://ulm.ac.id/id/wp-content/uploads/2024/07/WhatsApp-Image-2024-07-11-at-10.41.00-5.jpeg)
![WhatsApp Image 2024-07-11 at 10.41.00 (3)](https://ulm.ac.id/id/wp-content/uploads/2024/07/WhatsApp-Image-2024-07-11-at-10.41.00-3.jpeg)
Previous post