Biografi Dr. Jumariati, S.Pd., M.Pd

  1. Identitas Diri
1. Nama Lengkap (dengan gelar) Dr. Jumariati, M.Pd.
2. Jenis Kelamin Perempuan
3. Pangkat/golongan Penata/III c
4. Jabatan Fungsional Lektor
5. NIP/NIK/Identitas lainnya 19760806200112 2 002
6. NIDN 0006087602
7. Tempat dan Tanggal Lahir Banjarbaru, 6 Agustus 1976
8. E-mail jumariati01@ulm.ac.id
9. Nomor Telepon/HP 081257368871
10. Alamat Kantor Jl. Brigjen H. Hasan Basri KayuTangi Banjarmasin Kalimantan Selatan, KP 70123 Telp. 0511 3304177
11. Mata Kuliah yang diampu 1. Academic Writing
2. Research Methods in ELT
3. Intensive Reading and Writing
4. Critical Thinking Skills
5. Classroom Management
6. English for Wetlands
7. Bahasa Inggris (MKU)

 

  1. Riwayat Pendidikan
  S1 S2 S3
Nama Perguruan Tinggi Universitas Lambung Mangkurat Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang
Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris
Tahun masuk-lulus 1995 – 2000 2007 – 2009 2014-2017
Judul Skripsi/Tesis/ Disertasi A Descriptive Analysis on the Ability of Writing III Students of English Department Academic Year 2000/2001 in Using Conjunctions Improving the Argumentative Writing Ability of the Lambung Mangkurat University Students through Tree Diagram Technique The Effects of Problem-Based Learning on the Argumentative Writing Skills of Students across Personality Types and Proficiency Levels
Nama Pembimbing/ Promotor – Drs. Abdul Muth’im, MPd.

– Drs. H. Achmad Farid

– Dr. Nur Mukminatien, M.Pd

– A. Effendi Kadarisman, M.A., Ph.D.

– Prof. Gunadi Harry Sulistyo., M.A.

– Prof. A. Effendi Kadarisman, Ph.D

– Dr. Enny Irawati, M.Pd.

 

 

  1. Riwayat Jabatan
No Jabatan/Unit Periode
1. Ketua Laboratorium Bahasa /FKIP 2012 – 2014
2. Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/FKIP 2019 – 2023
3. Kepala UPT Bahasa/ULM 2023 – 2027

 

  1. Pengalaman Penelitian Dalam 5 TahunTerakhir (bukan Skripsi, Tesis, maupun Disertasi)
No. Tahun Judul Penelitian Pendanaan
Sumber* Jml (Juta Rp.)
1. 2018 The Effect of Peer Review on the Quality of Students’ Writing Mandiri
2. 2019 Classroom Assessment Literacy of English as a Foreign Language Teachers across Kalimantan Province Mandiri
3. 2019 The Effects of Using LINE Messenger Application on the Advanced Students’ Writing Ability PNBP FKIP ULM tahun 2019 Rp. 5.000.000
4. 2020 The Standards of School Curriculum and the Needs of Wetlands Society: A Study on English Language Teachers in Kalimantan PNBP ULM Rp. 31.000.000
5. 2021 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Mahasiswa Kelas Advanced Writing Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM dalam Menulis Esai Ekspositori Bertema Lahan Basah PNBP ULM Rp. 30.000.000
6. 2022 Pengembangan Instrumen Berpikir kritis Mahasiswa dalam Menulis Esai Ekspositori Problem-Solution Bertema Lingkungan Lahan Basah PNBP ULM Rp. 30.000.000

 

  1. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 TahunTerakhir
No. Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan
Sumber* Jml (Juta Rp.)
1. 2018-sekarang Nara Sumber Penyusunan LKS Sekolah Dasar Kelas 1s/d 6 Sekota Banjarbaru Tim K3SD dan Pemko Banjarbaru
2. 2018 Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) Hibah Dikti

 

3. 2020 Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi bagi Guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar PNBP FKIP ULM Rp. 4.000.000
4. 2021 Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Picture Word Inductive Model bagi Guru-guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar PNBP FKIP ULM Rp. 5.000.000
5. 2022 Pemberdayaan Guru-Guru Bahasa Inggris SMP Kota Banjarmasin dalam Mengembangkan Soal Berbasis HOTS untuk Mengukur Kemampuan Membaca PNBP FKIP ULM Rp. 15.000.000
6. 2023 Pelatihan Penulisan Surat Lamaran kerja dan CV dalam Bahasa Inggris bagi Siswa SMKN 1 Banjarbaru Mandiri

 

 

  1. Publikasi Artikel Ilmah Dalam Jurnal 5 Tahun Terakhir
No. Tahun Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Link Jurnal

 

1. 2017 Problem-Based Writing Instruction: Its Effect on Students’ Skills in Argumentative Writing Arab World English Journal (AWEJ) Vol.8/No.2/2017  

Problem-Based Writing Instruction: Its Effect on Students’ Skills in Argumentative Writing – AWEJ

2. 2017 Problem-Based Learning in English Writing Classroom: A Study on Students’ Perceptions toward Its Impacts International Journal of English and Education (IJEE) Vol.6/No.3/2017 https://ijee.org/vol-6-issue-3/

 

3. 2020 LINE Application: An Alternative Tool to Develop Writing Abilities Journal on English as a Foreign Language (JEFL) Vol.10/No.1/2020 LINE application: An alternative tool to develop writing abilities | Jumariati | Journal on English as a Foreign Language (iain-palangkaraya.ac.id)
4. 2021 Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.3/No.2 2021  

https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/view/2473

 

 

5. 2021 Menanamkan Kearifan Lokal Masyarakat Lahan Basah dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Persepsi dan Praktik Guru-Guru di Kalimantan Prosiding SNLB

Vol.6/No.3 April 2021 ISSN 2623-1611, 2623-1980

snllb.ulm.ac.id/prosiding/
6. 2021 Pemberdayaan Guru-Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Picture Word Inductive Model Warta LPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol.24/No.4 Oktober 2021  

https://doi.org//10.23917/warta.v24i4/14949

 

 

7. 2021 Argumentation Skills: An Analysis on EFL Students’ Essays Based on Toulmin’s Model of Argument Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the 2nd ICELLA, Vol. 587, November 2021, pp 86-95 https://www.atlantis-press.com/proceedings/icella-21/125961960

 

8. 2021 Students’ Perceptions on the Affecting Factors in Writing Descriptive Essays Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the 2nd ICELLA, Vol. 587, November 2021, pp 125-130 https://www.atlantis-press.com/proceedings/icella-21/125961961

 

9. 2021 Bottom-Up or Top-Down Reading Strategies: Reading Strategies used by EFL Students Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the 2nd ICELLA, Vol. 587, November 2021, pp 125-130 https://www.atlantis-press.com/proceedings/icella-21/125961967

 

10. 2021 Teaching Technique Applied in Speaking Classes: Lecturers’ Voice of What and Why Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the 2nd ICELLA, Vol. 587, November 2021, pp 125-130 https://www.atlantis-press.com/proceedings/icella-21/125961974

 

11. 2021 Problem-Based Learning: Its Effect on Students’ Ability in Writing Expository Essays Linguistic Forum Volume 3 Issue 1 2021, ISSN (Online) 2707-5273,

 

https://linguisticforum.com/index.php/ling/issue/view/9

 

12. 2022 Developing an Instrument to Assess EFL Learners’ Critical Thinking Skills in

Writing Expository Problem-Solution Essays

 

International Journal of English Language Teaching, Vol.10 No 5, 2022, ISSN 2055-0820, 2055-0839 https://eajournals.org/ijelt/vol10-issue-5-2022/developing-an-instrument-to-assess-efl-learners-critical-thinking-skills-in-writing-expository-problem-solution-essays/

 

13. 2023 Learners’ Personalities and Language Learning: A Literature Review IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics, and Literature, Vol 11 No 1 2023, pp 218 -231 https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ideas/article/view/3672

 

 

  1. Pemakalah Seminar/Konferensi Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir
No. Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu danTempat
1. The 65th TEFLIN International conference Using LINE Application as an Alternative to Improve Students’ Writing Skills Universitas Negeri Makassar, 12-14 Juli 2018
2. The 17th ASIA TEFL International Conference Utilizing LINE Messenger in Writing Course: A Study on Students’ Perception Thammasat University, Bangkok, 27-29 Juni 2019
3. The 66th TEFLIN International Conference EFL Teachers’ Classroom Assessment Literacy: Between Reality and Expectation Universitas Negeri Medan, 8-10 Agustus 2019
4. The iNELTAL 2019 What Does A Supportive Learning Environment Look Like: Students’ Point of Views Universitas Negeri Malang, 12-13 Oktober 2019
5. The 1st International Conference of Learning Improvement Factors Underlying Problems in Developing Ideas for Essays Writing: EFL Students’ Perceptions Universitas Lambung Mangkurat, 1-3 September 2020
6. Konferensi internasional ICOTEL (International Conference on Teaching English and Literature) Curriculum and Lesson Planning as Vital Components in Teaching: Teachers’ Beliefs and Practices Pascasarjana Universitas Bengkulu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 27 Oktober 2020
7. Seminar Nasional Lahan Basah LPPM ULM Menanamkan Kearifan Lokal Masyarakat Lahan Basah dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Persepsi dan Praktik Guru-guru Bahasa Inggris di Kalimantan Selatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat, 21-22 Nopember 2020
8. Konferensi internasional ICELLA Argumentation Skills: An Analysis on EFL Students’ Essays Based on Toulmin’s Model of Argument Universitas Lambung Mangkurat, 10-11 September 2021
9. Konferensi internasional ICELLA Students’ Perceptions on the Affecting Factors in Writing Descriptive Essays Universitas Lambung Mangkurat, 10-11 September 2021
10. Seminar Nasional Lahan Basah LPPM ULM Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Mahasiswa Kelas Advanced Writing Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP ULM dalam Menulis Esai Ekspositori Bertema Lahan Basah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat, 15-16 Nopember 2021
11. International Seminar on Language, Education, and Culture (ISOLEC) Students’ Perceptions and Preferences on Learning Writing Expository Essays Using Problem-Based Learning Universitas Negeri Malang, Juli 2021
12. The 20th Asia TEFL & 68th TEFLIN Challenges in Developing Critical Thinking Skills through Essays Writing: EFL Students and Teachers’ Perceptions Universitas Negeri Malang, 5 – 7 Agustus 2022
13. Seminar Nasional Lahan Basah LPPM ULM Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menulis Esai Ekspositori Bertema Lingkungan Lahan Basah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat, Nopember 2022

 

  1. Workshop dan Pendidikan-Pelatihan 5 tahun terakhir
No Nama Workshop/Diklat Penyelenggara Waktu dan Tempat
1. Task Selection in Task-Based Language Teaching UNISMA 22 Februari 2018

Malang, Jawa Timur

2. Workshop on English Language Assessment: Assessment for Learning British Council Jakarta Pusat, 20-21 Maret 2019
3. Workshop Pengembangan Modul Ajar Berbasis e-learning Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) ULM Banjarmasin, 23 Juli 2020
4. Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi Program Pascasarjana ULM Banjarmasin, 26 September 2020
5. Pelatihan Asesor Beban Kerja Dosen Batch II Lembaga Penjamin Mutu Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 13 Juli 2021
6. Pelatihan Pembelajaran Case Method dan Team Based Project bagi Dosen FKIP ULM Unit Penjaminan Mutu FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 22 Juli 2021
7. Pelatihan Penyusunan RPS Mata Kuliah Umum Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) ULM Banjarmasin, 11-12 Oktober 2021
8. Workshop “Going Beyond the Fundamentals of Journal Publishing – Advanced Scientific Writing” Elsevier, Researcher Academy Jakarta, 14 September 2021
9. Pelatihan Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) LAMDIK Online, 21 April 2022 dan 18 Juni 2022
10. Training Teaching Knowledge Test Module 1 Bell Cambridge United Kingdom, 10 – 23 September 2022

 

 

  1. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir
No. Judul Buku Tahun Jumlah Halaman Penerbit
1. English for University 2018 55 CV. IRDH Research & Publishing
2. A Guide to Academic Writing 2020 121 Jurusan PBS FKIP ULM