Biografi Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.
- Nama Lengkap           : Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.
- NIPÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 19650808 199303 1 003
- Jabatan Fungsional       : Lektor Kepala
- Pangkat/Golongan Ruang : Pembina / IVa
- Tempat & Tanggal Lahir   : Rantau, 8 Agustus 1965
- Agama                   : Islam
- Alamat Rumah           : Jl. Pramuka Komplek Semanda I Perumahan Bumi Pramuka Asri Blok D No 24 Banjarmasin 70238
- Nomor Handphone       : 081349555269
- Alamat Kantor            : FKIP ULM Kayu Tangi Banjarmasin
- Program Studi/Jurusan   : Pendidikan Matematika/Pendidikan MIPA
- Fakultas/Universitas      : FKIP/Universitas Lambung Mangkurat
- Riwayat Pendidikan
- SDÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : SDN Darma Bakti Amuntai HSU (Tamat 1979)
- SMPÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : SMPN 1 Amuntai HSU (Tamat 1982)
- SMAÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : SMAN 1 Rantau Tapin (Tamat 1985)
- S1Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Pendidikan Matematika FKIP ULM Banjarmasin (Tamat 1991)
- S2Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Matematika FMIPA UGM Yogyakarta (Tamat 2001)
- S3Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Pendidikan Umum/Nilai UPI Bandung (Tamat 2013)
- Pengalaman Pekerjaan :
- Dosen di Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM (1993-sekarang)
- Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika (2001-2003)
- Sekretaris Laboratorium PMIPA (2003-2007)
- Sekretaris Jurusan PMIPA (2007-2011)
- Ketua Jurusan PMIPA (2011-2015)
- Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan (2016-2019)
- Dekan FKIP ULM (2019-sekarang)
- Pengalaman Lainnya :
- Konsultan Mathematics Education Quality Improvement Project (2005-2010)
- Konsultan dan Pelatih Olimpiade Sains Nasional (2004-2016)
- Anggota Indonesian Mathematical Society (IndoMS)
- Ketua Himpunan Alumni Pendidikan Matematika FKIP ULM (2016-sekarang)
- Ketua Pengelola Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat (2013-sekarang)
- Pengalaman Pelatihan :
- Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Lulus Bersertifikat, 2016)
- Manajemen Pendidikan Tinggi (2017)
- Workshop Penulisan Artikel Jurnal Internasional (2018)
- Workdhop on Higher Education Management (Utah State University 2019)
- Pengalaman Mengajar :
- Kalkulus I (3 SKS)
- Kalkulus II (3 SKS)
- Analisis Real I (3 SKS)
- Analisis Real II (3 SKS)
- Matriks (2 SKS)
- Aljabar Linear Elementer (3 SKS)
- Aljabar Rendah (2 SKS)
- Aljabar Abstrak (4 SKS)
- Struktur Aljabar (3 SKS)
- Teori Modul (2 SKS)
- Pengantar Analisis Fungsional (3 SKS)
- Geometri (3 SKS)
- Bahasa Inggris Matematika (2 SKS)
- Media Pembelajaran Matematika (2 SKS)
- Penilaian Pembelajaran Matematika (3 SKS)
- Profesi Kependidikan (2 SKS)
- Pengantar Pendidikan Karakter (2 SKS)
- Pengalaman Penelitian :
No | Judul | Biaya & Sumber Biaya | Tahun | Status |
a. | Pemetaan dan Analisis Kompetensi Siswa SMA serta Alternatif Pemecahannya di Kabupaten HSU dan Tabalong Provinsi Kalsel | Rp 100.000.000,00
Kemendiknas |
2011 | Anggota |
b. | Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar se Kalimantan Selatan | Rp 6.500.000,00
BOPTN FKIP ULM |
2013 | Ketua |
c. | Studi Penyebaran dan Rasio Guru SMPN di Kabupaten HSS sebagai Upaya Penyediaan Data Dasar untuk Penetapan Penempatan dan Rekruitmen | Rp 40.000.000,00
BOPTN FKIP ULM |
2014 | Ketua |
d. | Analisis Butir Soal Olimpiade Sains Nasional Provinsi Kalsel | Rp 15.000.000,00
PNBP FKIP ULM |
2016 | Anggota |
e. | Strategi Pengembangan Nilai-nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SDN Daerah Bantaran Sungai Kabupaten Barito Kuala | Rp 70.000.000,00
IDB |
2016 | Ketua |
f. | Prestasi Akademik dan Ekonomi Keluarga Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer | Rp 5.000.000,00
PNBP FKIP ULM |
2016 | Ketua |
g. | Pengembangan Karakter Mandiri, Komunikatif, Tanggung Jawab, dan Rasa Ingin Tahu Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP Banjarmasin | Rp 20.000.000,00
PNBP FKIP |
2018 | Ketua |
- Pengalaman Pengabdian Pada Masyarakat:
No | Judul | Biaya & Sumber Biaya | Tahun | Status |
a. | Pelatihan Penyusunan Pemetaan Aspek-aspek Penilaian Menurut Kurikulum 2004 untuk Guru-guru Matematika SMPN/MTsN Kabupaten Tapin | Rp 1.000.000,00
PNBP FKIP ULM |
2006 | Ketua |
b. | Penerapan Model Tes Bekal Awal Belajar untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Kompetensi Siswa SMA di Kabupaten HSU dan Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan | Rp 95.000.000,00 | 2012 | Anggota |
c. | Pelatihan Guru-guru Matematika dan IPA untuk Program Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI) | Rp 25.000.000,00
|
2014 | Ketua |
d. | Media Pembelajaran Matematika dan Sains Inovatif Berbasis Lingkungan untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak di PAUD Cahaya Banjarmasin | Rp 7.500.000,00 | 2016 | Anggota |
e. | Alat Peraga Matematika dan IPA Berbasis Lingkungan di SDN Semangat Dalam 2 Batola | Rp 7.500.000,00 | 2017 | Ketua |
f. | Bimbingan Penyusunan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kabupaten Banjar Tahun 2017 | Rp 3.000.000,00 | 2017 | Anggota |
- Keikutsertaan Dalam Seminar Nasional:
No | Judul | Penyelenggara | Tahun |
a. | Kecerdasan Matematika (Mengembangkannya dengan Brain Gym) | Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM | 2008 |
b. | Perwujudan Kepribadian dalam Pembelajaran Matematika | Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Banjarmasin | 2015 |
c. | Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bakumpai di SDN Batik Barito Kuala | Prodi IPS FKIP ULM Banjarmasin | 2016 |
d. | TPACK untuk Mengembangkan HOTS dan Berbagai Literasi | Prodi Pendidikan Matematika FKIP ULM | 2018 |
- Keikutsertaan Dalam Seminar Internasional:
No | Judul | Penyelenggara | Tahun |
a. | Values Building in Mathematics Teaching and Learning Process | Universiti Malaya Malaysia | 2010 |
b. | Values Character Development Strategy Based on Local Wisdom in State Primary School in Riverbanks Regional Barito Kuala District | UPSI Perak Malaysia | 2016 |
c. | Â Character Development of Independence and Responsibility in the Riverbank Junior High School Students in Banjarmasin Trough Number Head Together (NHT) | The 3th International Conference on ETARÂ (Emerging Trends in Academic Research) Banjarmasin | 2016 |
d. | Study of Ratio Public Junior High School Teachers at HSS Regency as Efforts to Provide Basic Data | The 5th International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI) | 2017 |
e. | Developing Student Worksheet for Learning Matrix
|
The 5th International Conference on South East Asia Development and Research (SEA-DR) | 2017 |
f. | Developing Students’ Responsibility Character in Mathematics Teaching and Learning Through Problem-Based Learning | The 1st Indonesian Communication Forum of Teachers Training and Education Faculty Leaders (1st CFTTEFL) | 2017 |
- Artikel di Jurnal Nasional:
No | Judul Artikel | Nama Jurnal | ISSN | Vol/Tahun Terbit |
a. | Studi Penyebaran Guru SMPN se Kabupaten Hulu Sungai Selatan | Vidya Karya (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan) | 0215-9619 | Vol. 27 No. 6, April 2015 |
b. | Permainan Monopoli dalam Pengajaran Matematika di Kelas VIA SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin | Paradigma (Jurnal Pendidikan MIPA) | 0215-0514 | Vol. 5 No. 1, Februari 2011 |
c. | Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas XI Busana 1 SMKN 4 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) | Paradigma (Jurnal Pendidikan MIPA) | 0215-0514 | Vol. 5 No. 2 Agustus 2011 |
d. | Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 17 Banjarmasin | Paradigma (Jurnal Pendidikan MIPA) | 0215-0514 | Vol. 6 No. 1 Februari 2012 |
e. | Meningkatkan Karakter Bersahabat dan Komunikatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas XI IPA MAN 5 Marabahan | Paradigma (Jurnal Pendidikan MIPA) | 0215-0514 | Vol. 7 No. 2 Agustus 2013 |
f. | Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa | Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat | p-ISSN 2338-2759
e-ISSN 2597-9051 |
Vol. 1 No. 1
Oktober 2013 |
g. | Meningkatkan Karakter Mandiri dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas VIIIC SMPN 13 Banjarmasin | Jurnal Pendidikan Matematika (UIN Antasari Banjarmasin) | 2354-9645 | Vol. 01 No. 02 Januari 2014 |
h. | Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI di Kelas VIII SMPN 1 Banjarmasin
|
Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat | p-ISSN 2338-2759
e-ISSN 2597-9051 |
Vol. 2 No. 3
Oktober 2014 |
i. | Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIIIF SMPN 14 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Means End Analysis (EMA) | Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat | p-ISSN 2338-2759
e-ISSN 2597-9051 |
Vol. 4 No. 2 Oktober 2016 |
j. | Karakter Peduli Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VII SMPN 31 Banjarmasin | Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat | p-ISSN 2338-2759
e-ISSN 2597-9051 |
Vol. 5 No. 2 Oktober 2017 |
k. | Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Pembelajaran Matematika untuk Membina Karakter Kreatif dan Tanggung Jawab | Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat | p-ISSN 2338-2759
e-ISSN 2597-9051 |
Vol. 6 No. 1
April 2018 |
- Artikel di Jurnal Internasional:
No | Judul Artikel | Nama Jurnal | ISSN | Vol/Tahun Terbit |
a. | The Evaluation of HOTS Assessment of Special Needs Education Students with Guided Inquiry Method | Journal of ICSAR (International Conference on Special Education in Southeast Region) | p-ISSN: 2548-8619
e-ISSN: 2548-8600 |
Vol. 2 No. 1
January 2018 |
b. | The Use of Problem-Solving as a Method in the Teaching of Mathematics and Its Influence on Students’ Creativity | International Journal of Engineering Reasearch and Technology (IJERT) | 0974-3154 | Vol. 11 No. 3
January 2018 |
- Menerbitkan Buku/Bahan Ajar :
No | Judul Buku/Bahan Ajar | Keterangan/Tahun Terbit | ISBN |
a. | Modul Komputer dan Pemrograman (Bahasa Program BASIC) | Buku Ajar/1996 | – |
b. | Analisis Real I | Buku Ajar/2001 | – |
c. | Analisis Real II | Buku Ajar/2002 | – |
d. | Linear Algebra | Buku Ajar PGBI/2005 (Pendidikan Guru Bertaraf Internasional) | – |
e. | Penilaian Pembelajaran Matematika | Buku Ajar/2016 | |
f. | Dimensi-dimensi Praktik Penelitian Tindakan Kelas | Referensi/2012 | 9786029328684
|
g. | Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sains | Buku Ajar/2018 | – |
h. | Suplemen Profesi Kependidikan | Buku Ajar/2018 | – |