KULIAH UMUM UNHAN DI ULM

DSC_6234 Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema “Penguatan Ideologi Dalam Perang Asimetris”.  Narasumber dalam kuliah umum ini Kol. Kav. Dr. Yusuf, S.Sos., MM dari Universitas Pertahanan. Acara berlangsung di Aula Antasan Bondan FKIP ULM (27/02/2019). Acara dihadiri oleh Dekan Prof. Dr. H. Wahyu M.S, Wakil Dekan, Kabag, Kasubag, Dosen serta Mahasiswa di Lingkungan FKIP ULM. Dalam sambutannya Dekan menyambut baik kegiatan kuliah umum ini dimana acara ini sangat penting untuk mahasiswa agar para mahasiswa turut serta aktif dalam memerangi isu-isu tidak benar atau hoax karena hal tersebut salah satu bentuk perang dimasa depan, yaitu perang asimetris. Beliau berharap agar para mahasiswa dapat mengikuti kuliah umum ini dengan sebaik-baiknya, beliau juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada nara sumber yang bersedia memberikan kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kol. Kav Dr. Yusuf, S.Sos., MM menjelaskan bahwa Assymetric warfare merupakan perang non militer / smart Power ( perang murah meriah) tetapi memiliki daya hancur yang bahkan lebih dahsyat dari bom atom. Adapun parameternya yaitu mayoritas masyarakat dibuat tidak tahu apa yang sesungguhnya yang sedang terjadi, hal ini terjadi umumnya pada masyarakat awam. Kemudian sebagian masyarakat tahu namun tidak sadar bahwa bangsa ini berada dalam jebakan, hal ini juga biasa terjadi dalam pada kaum intelektual. Ketiga adalah dimana sebagian masyarakat tahu dan sadar apa yang sesungguhnya terjadi namun akibat kerakusan mereka, mereka berlaku sebagai komrador.

Jika perang konvensional berpola bombardir – masuknya kavaleri – pendudukan infanteri, maka pola perang asimetris adalah isu – tema – skema. sasaran skema perang asimetris membelokan sistem negara sesuai sesuai kepentingan kolonial, melemahkan ideologi serta mengubah pola pikir rakyatnya, menghancurkan ketahanan pangan dan energi selanjutnya menciptakan ketergantungan. Kuliah umum ini masih berhubungan dengan seminar bela negara yang sehari sebelumnya diselengarakan oleh ULM dan UNHAN. Diharapkan kerjasama ini bisa terus berlangsung dan bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.(Humas ULM)

Blog Attachment