KULIAH UMUM MENTERI PPN/BAPPENAS

ppn1Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Prof. Bambang Brodjonegoro, SE., Ph.D memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM mengenai Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Era Industri 4.0 di gedung Auditorium Kampus ULM Banjarbaru (26/12/2018). Turut hadir dalam acara ini Anggota Komisi I DPR RI H. Syaifullah Tamliha, S.PI., M.Si, Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Wakil-Wakil Rektor, Dekan-Dekan Fakultas, Walikota Banjarbaru, dan SKPD serta unsur Praktisi dan akademisi terkait.

ppn2Prof. Bambang Brodjonegoro, SE., Ph.D menyampaikan bahwa era smart digitalisasi dan industri 4.0 akan membawa perubahan pada setiap aspek, sehingga  masing-masing peran harus bersiap menghadapi perubahan pada setiap aspek tersebut. Pendayagunaan smart machine dalam produksi perikananan merupakan tantangan didepan mata, peran dunia digital yang memadukan penerapan teknologi informasi, pemanfaatan sensor-sensor monitoring otomatis, pengelolaan data base yang kuat, revolusi big data, serta internet of things akan mewarnai dalam sistem kemaritiman dan kelautan modern. Beliau menambahkan bahwa Kalimantan mempunyai potensi untuk menjadi yang terkuat di Indonesia dalam bidang perikanan di lahan basah, oleh karena itu diharapkan riset dari sivitas akademika di ULM harus inovatif dan memperhatikan 3 aspek, yakni kuat dalam produksi perikanan, kuat menjaga habitat lingkungan yang baik, serta memperhatikan kesejahteraan nelayan.

ppn3Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi karena untuk pertama kalinya Menteri PPN/Bappenas hadir memberikan kuliah umum dan juga pertama kalinya menggunakan gedung Auditorium ULM hasil dari proyek IDB 7in 1. Diakhir acara, Menteri PPN/Bappenas menyempatkan diri untuk menanam pohon di lingkungan sekitar Auditorium didampingi oleh Rektor ULM. (Humas ULM)

Blog Attachment