ECSOS 2018

ecos 2Economic Solutions 2018 adalah salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang dilaksanakan mulai tanggal 3 s.d 6 Oktober 2018. Rangkaian kegiatan dimulai dari dilaksanakannya Technical Meeting dan Welcome Party pada 3 oktober 2018 yang dilaksanakan di Rooftop Menara Pandang dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Bapak Dr.H Ahmad Yunani,SE.,M.Si, Sekertaris Jurusan Ibu Dr. Dewi Rahayu, SE.MP serta 36 delegasi dari 10 universitas di seluruh Indonesia. Adapun universitas yang menjadi peserta dalam rangkaian acara tersebut yaitu Universitas Jember, Universitas Mulawarman, Universitas Indonesia, Universitas Patimura, Universitas Sriwijaya, Institute Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lambung Mangkurat, STIE Banjarmasin, Universitas Airlangga.

ecosPada 4 Oktober 2018  dilaksanakan acara seminar nasional di Gedung Mahligai Pancasila yang dihadiri  oleh dihadiri oleh Dekan FEB ULM Bapak Dr. H. M. Riza Firdaus SE,MM, Wakil dekan III Bapak Ahmad Rifani SE., M.Si,  Ketua Jurusan IESP FEB ULM Bapak Dr. H. Ahmad Yunani SE.MSI serta lima pembicara yaitu Direktorat Jendral Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan Dr. Ihda Mukhdianto SE., M.Sc,  Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan RI Algartus Kurniadi Hendartono, SE.,MA.,Ph.d, Kepala Badan Keuangan Daerah Provisnsi Kalimantan Selatan Drs. H. Aminuddin Latif M.Si, Perwakilan Bank Indonesia Regional Kalimantan Selatan Filhaq Amalia SE, Pengamat Ekonomi Prof. Drs. Muhammad Handri Imansyah,MAM., Ph.d dan  keynote speaker dari Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Bapak Drs. H. Gustui Burhanudin, M.Si. Seminar ini diikuti oleh lima ratus peserta mahasiswa, dosen dan masyarakat umumdan dibuka secara simbolis dengan pemukulan kintung secara bersamam-sama oleh para narasumber dan tamu undangan. Tema dalam seminar nasional ECSOS 2018 adalah “Mengawal Utang Sebagai Sumber Pembiayaan Bagi Negara Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mencapai Tujuan SDG’s “. Seminar dilanjutkan diskusi dari para delegasi dari 10 universitas tentang Peran Masyarakat Serta Pemerintah Mengawal Pemanfaatan Utang Dalam Mencapai Tujuan SDG’s yang dipimpin oleh seorang moderator yaitu Nadya Cynthia SE.

Selanjutnya Lomba Karya Tulis Ilmiah dilsaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM, Lomba diikuti oleh oleh 14 tim dari 10 universitas yang akan mempresentasikan karya terbaiknya di hadapan juri  terdiri dari dosen IESP FEB ULM untuk menperebutkan juara I, II,  III, Best Speaker dan Best Papper. Kegiatan terakhir yakni Field Trip pada 6 Oktober 2018 dengan wisata susur sungai yang dimulai dari siring menuju ke Pasar Tarapung Lokbaintan. Malam harinya dilaksanakan Gathering sekaligus  pengumuman juara lomba karya tulis ilmiah dan acara penutupan yang dihadiri oleh juri lomba LKTI, Kajur IESP FEB ULM, Walikota serta para delegasi dari 10 Universitas.(HumasULM/Himiespa)

Blog Attachment