KERJA SAMA BKSDA DAN ULM

bksda1Dalam rangka penguatan fungsi melalui pelestarian flora dan fauna, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel menggandeng Universitas Lambung Mangkurat untuk bekerjasama dalam bentuk penelitian dan pengembangan di Kalsel. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilaksanakan di Aula Fakultas Kehutanan ULM dan dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmaul Arifin, M.Si, Kepala BKSDA Kalsel  Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc Dekan Fakultas Kehutanan Ir. H. Sunardi, MS, serta sivitas akademika baik dosen dan mahasiswa di Fakultas Kehutanan.

Selain penguatan kelembagaan berupa peningkatan sumber daya manusia, kerja sama ini  juga meliputi pengawetan flora dan fauna berupa identifikasi, inventarisasi, pembinanaan habitat dan populasi, penyelamatan jenis, pengkajian, penelitian serta pengembangan. Rehabilitasi dan restorasi kawasan juga dilakukan untuk pemulihan ekosistem yang ada di wilayah Kalsel. Selain penanda tanganan kerja sama, dalam acara ini juga diselenggarakan  kuliah umum terkait dengan kebijakan-kebijakan khususnya sumber daya alam dan ekosistem yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Ir. Wiratno, M.Sc.

bksda2Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmaul Arifin, M.Si menyampaikan bahwa jika dilihat dari sisi sumber daya alam di Kalsel  lebih populer sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Namun sebenarnya sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti hasil hutan juga harus bisa dikembangkan. Hasil hutan di Kalsel sangat melimpah, namun sering terjadi permasalahan yakni sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh aktifitas dari manusia. Diharapkan melalui kerja sama ini, kedua belah pihak bisa berkontribusi maksimal demi mengatasi permasalahan kehutanan sosial baik dari sisi flora maupun fauna di wilayah Kalsel. (Humas ULM)

 

Blog Attachment