KETAHANAN ENERGI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

DSC_9342Universitas Lambung Mangkurat diberikan kepercayaan untuk menjadi koordinator dalam kelompok kerja Forum Rektor Indonesia yang terkait dengan Ketahanan Energi.  Kelompok kerja ini akan menyusun sebuah konsep mengenai ketahanan energi untuk bisa disampaikan kepada Presiden dalam rangka menyusun rencana pembangunan untuk tahun 2019 kedepan.  Rangkaian Forum Group Discussion dilaksanakan untuk memfasilitasi ide konsep dari anggota kelompok kerja ini. Sebagai pemanasan sebelum FGD  dilaksanakan, terlebih dahulu diselenggarakan kuliah umum dengan tema Kedaulatan Energi Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0 (02/08/2018). Kuliah umum ini disampaikan langsung oleh Guru Besar Institut Teknologi Badung (ITB) Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Hadir dalam acara Ketua Senat ULM Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS, Rektor ULM Prof. Dr. H. Suarto Hadi M.Si., M.Sc, Ketua 18Dewan Kehormatan FRI Prof. Rochmat Wahab, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral RI Drs. Hermansyah, M.Si, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga serta mahasiswa dari ULM dan PTN/PTS di Banjarmasin yang sangat antusias untuk mengikuti kuliah umum yang diberikan.

Dalam Kuliah Umum ini Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D menyampaikan serta berdiskusi kepada para peserta mengenai konsep-konsep kedaulatan energi, revolusi industri 4.0, dan Kedaulatan Energi. Rektor menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar sehingga apabila ingin melangkah menjadi negara industri maju, energi sebagai salah satu komponen penting untuk sebuah industri harus dirumuskan dengan baik. Kalimantan sendiri memiliki deposit uranium yang jika dikayakan bisa dijadikan sumber energi apabila memang diputuskan untuk mengembangkan pembangkit energi tenaga nuklir, konsep-konsep terkait hal ini sudah disiapkan namun hanya tinggal menunggu keputusan dari pemerintah terkait izinnya. 6Menurut Rektor, terkait ketahanan energi ULM khususnya Fakultas Teknik memiliki pakar-pakar dalam bidang ini yang siap untuk berkontribusi dalam perkembangan energi di Indonesia.

Ketua Dewan Kehormatan FRI Prof. Rochmad Wahab menambahkan bahwa Indonesia masih sangat minim dalam pemanfaatan tenaga yang ada disekitar, salah satunya adalah solar energy. Seperti yang diketahui Indonesia merupakan negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa sehingga sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Diharapkan kedepannya, ide serta terobosan tentang pemanfaatan terhadap energi yang tersedia dari alam bisa ditemukan sehingga energi yang tersedia di alam bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. (Humas ULM)

Blog Attachment