PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

FKIP2Di era digital seperti sekarang teknologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan, untuk itu perkembangan teknologi juga harus dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM menyelenggarakan Konferensi Internasional ke-1 tentang pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni di era digital (icella) di Hotel Aria Barito 27 s.d 28 Juli 2018. Acara ini dihadiri oleh Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Dekan FKIP Prof. Dr. H. Wahyu, MS, dan pembicara dari dalam dan luar negeri.

Konferensi ini sangat tepat untuk dilaksanakan karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perkembangan dalam semua aspek budaya manusia. Bahasa sebagai media sastra dan seni (terutama musik dan drama) juga berevolusi. Berkat internet dan munculnya media digital, pergeseran yang terjadi dalam pembelajaran bahasa bergerak ke era baru. Dalam hal ini guru juga harus beradaptasi untuk menggunakan teknologi dan sumber belajar berbasis multi-media untuk menanamkan pengajaran fungsional bahasa, sastra, dan seni.  Seorang guru modern tidak hanya perlu memiliki pemahaman menyeluruh tentang kurikulum saat ini, tetapi juga sebagai metodologi, kelebihan dan kekurangan mereka, serta bagaimana dan kapan menerapkan masing-masing teknik untuk siswa. Selain itu, pendidik bahasa, sastra dan seni harus memperbarui secara terus menerus pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan mereka di bidang bahasa, sastra dan seni untuk memenuhi tuntutan globalisasi.

FKIP1Dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Rektor menyampaikan bahwa era digital telah banyak mengubah berbagai hal dalam kehidupan, namun sementara ini teknologi lebih banyak berkembang ke arah entertainment, belum banyak untuk kekepentingan pendidikan. Sehingga diharapkan melalui konferensi internasional ini akan didapat pemikiran serta terobosan untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam kepentingan pembelajaran, demi kemajuan pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di Indonesia. (Humas ULM)

Blog Attachment