REKTOR KUKUHKAN 2 GURU BESAR BARU

PENGU1Universitas Lambung Mangkurat kembali menambah kekuatannya dengan menambahkan 2 orang guru besar baru Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si dari Fakultas Kehutanan dan Prof. Dr. Abdullah, S.Si., M.Si dari Fakultas MIPA. Sidang Senat Terbuka Universitas Lambung Mangkurat Acara Pengukuhan Guru Besar dilaksanakan di Aula lt.1 Rektorat (10/07/2018) dengan dihadiri oleh Senat Universitas, Rektor, mantan Rektor ULM, para keluarga guru besar yang dikukuhkan, serta para dosen dan sivitas akademika.

PENGU2Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si yang dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Hutan menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Melalui Pendekatan Revolusi Hijau Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam orasi ilmiahnya diantaranya dijelaskan bahwa Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) memiliki peran yang sangat sentral pada tingkat kebijakan rencana dan program (KRP), karena KRP inilah yang akan menentukan terhadap kondisi yang ingin dicapai di suatu wilayah, sehingga kualitas dari KRP yang akan dikeluarkan harus akuntabel, dapat diterima oleh seluruh stakeholder dan masyarakat, serta memberikan manfaat yang positif bagi pembangunan di wilayahnya. Melalui KLHS ini diharapkan bisa terjadi perubahan paradigma  berpikir dikalangan perencana pembangunan. Dari yang semula berpandangan sempit, terpisah-pisah dan parsial menjadi berpandangan jangka panjang , saling terkait dan holistik. Sedangkan Prof. Dr. Abdullah, S.Si., M.Si yang dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Peran Strategis Ilmu Kimia di Berbagai Sektor Kehidupan. Dalam orasi Ilmiahnya beliau menyampaikan bahwa Ilmu Kimia telah secara nyata memberikan kontribusinya pada bidang pertanian, perikanan, kesehatan, lingkungan, energi dan sebagainya. Beliau menyatakan bahwa sebagai salah satu ilmu yang mendasari perkembangan bidang ilmu lainnya, para peneliti di Fakultas MIPA khususnya di Prodi Kimia siap bekerja sama dengan peneliti lainnya untuk melakukan penelitian di berbagai bidang.

PENGU3Dalam sambutannya Rektor menyampaikan sekarang sudah ada total 39 guru besar aktif, jumlah guru besar ini juga telah berkurang karena ada beberapa orang guru besar yang telah memasuki masa pensiun. Rektor berharap jumlah dari guru besar bisa terus meningkat dan berkorelasi dengan jumlah karya ilmiah yang dihasilkan, sehingga bisa meningkatkan peringkat ULM dalam jumlah publikasi yang sementara ini ULM berada di peringkat 48 di tingkat Nasional. Rektor menjelaskan untuk merealisasi(Humakannya, ULM telah membuat program dengan mendata dosen-dosen yang telah memiliki karya ilmiah di jurnal internasional untuk bisa dibantu mempercepat proses pengusulan guru besarnya. Sedangkan untuk peningkatan jumlah karya ilmiah, setiap karya ilmiah yang dihasilkan akan diberikan insentif sesuai dengan jenis karya ilmiah yang dihasilkan. (Humas ULM)

Blog Attachment