PENGUKUHAN PERTAMA PROFESI INSINYUR

aasasaProgram studi Profesi Insinyur Fakultas Teknik ULM  yang merupakan satu-satunya di Kalimantan menyelenggarakan pengukuhan kepada 63 orang mahasiswanya (09/05/2018) di Aula Fakultas Teknik. Angkatan ini merupakan angkatan pertama yang akan dikukuhkan. Hadir dalam acara ini Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc, Ketua Umum PPI Pusat Dr. Ir. A. Hermanto Dardak, MSc. IPU, Dekan Fakultas Teknik Dr-Ing. Yulian Firmana Arifin, ST., MT, Ketua Prodi Prof. Dr. Rusdi H.A.. M.Sc serta para calon insinyur yang akan dikukuhkan.

Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran. Penguasaan kompetensi keinsinyuran ditandai dengan sertifikat kompetensi insinyur. Insinyur yang memiliki sertifikat kompetensi insinyur akan memiliki surat tanda registrasi insinyur yang merupakan bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) kepada insinyur yang telah memiliki sertifikat kompetensi insinyur dan diakui secara hukum untuk melakukan praktik keinsinyuran. ULM menjadi salah satu dari empat puluh Universitas di Indonesia yang mendapatkan penugasan dari Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) yang pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menristekdikti No. 35 Tahun 2016.

 Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa hanya ada 40 universitas yang diberi mandat oleh Kemenristekdikti untuk menjalankan PS-PPI dan ULM merupakan salah satu universitas yang mendapat kesempatan itu. Rektor berharap para lulusan dari program studi ini bisa berkontribusi nyata terhadap peningkatan pembangunan yang ada di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Selatan. (Humas ULM)