MENUJU ENTREPENUER UNIVERSITY

grounbreaking mipaBanjarbaru, peletakan batu pertama pembangunan gedung Teaching Industry Tablet Effervescent Pasak Bumi Borneo ULM dilaksanakan di Gedung 2 Fakultas MIPA (08/05/2018). Dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Direktur Inovasi Industri Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Ir. Santoso Yudo Warsono, MT, Ketua Senat Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS dan Dekan FMIPA  Drs. Heri Budi Santoso, M.Si . Tablet Effervescent Pasak Bumi Borneo ULM merupakan produk unggulan hasil inovasi Tim dosen FMIPA ULM terdiri atas Heri Budi Santoso, Liling Triyasmono, Totok Wianto, Khoerul Anwar, dan Mia Fitriana yang pada tahun 2017 didanai oleh Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Ditjen Penguatan Inovasi. Kemudian mengikuti Pameran Inovasi I3E di Surabaya, sehingga berlanjut ke inovasi industri.

DSC_8511Rektor menyampaikan bahwa dengan dibangunnya gedung Teaching Industry ini merupakan cikal bakal pengembangan kampus ULM menjadi entrepenuer university, dimana perguruan tinggi tidak hanya melakukan riset untuk dimuat ke jurnal, tetapi juga akan mengembangkan produk yang bisa dikembangkan serta mempunyai nilai jual yang nantinya juga akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat. Ir. Santoso Yudo Warsono, MT menyatakan bahwa Kemenristekdikti akan terus konsisten untuk mendorong hilirisasi dari hasil kegiatan riset di perguruan tinggi. Dari pembangunan gedung Teaching Industry Diharapkan akan lahir formula yang berbasis pasak bumi yang nantinya akan dikerja samakan dengan Kimia Farma untuk proses produksi masal dan pemasarannya. Hasil dari industri ini nantinya bukan hanya menjadi revenue untuk perguruan tinggi, namun juga merupakan royalti kepada peneliti sehingga bisa meningkatkan gairah dari peneliti lain untuk berkreasi dan mendorong risetnya ke proses inovasi.

Sebelum peletakan batu pertama, terlebih dahulu dilaksanakan kuliah umum di gedung 1 FMIPA dengan Direktur Inovasi Industri Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Ir. Santoso Yudo Warsono, MT sebagai narasumber. Dalam kuliah umum ini disampaikan mengenai penguatan inovasi kampus berbasis riset perguruan tinggi era 4.0. (Humas ULM)

Blog Attachment