LITERASI DIGITAL HADAPI HOAX

4eMaraknya berita yang tidak jelas kebenarannya atau yang lebih dikenal dengan hoax semakin marak di Indonesia, oleh karena itu Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Panduan Literasi Digital pada 28 s.d 29 April 2018, dan ULM berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. Hadir dalam kegiatan Rektor Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., Dekan FISIP Prof. Dr. H. Asmu’í, M.Si, dan peserta dari dosen berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor mengapresiasi gerakan yang sudah dilakukan oleh JAPELIDI dan menyampaikan bahwa penting untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan membanjirnya berita-berita yang tidak jelas kebenarannya yang sering disebut hoax di zaman sekarang, sehingga perlu pengajaran tentang literasi digital ini ke masyarakat agar bisa menghindari akibat negatif dari kemajuan informasi.

JAPELIDI berdiri di awal tahun 2017 dan telah melaksanakan penelitian  yang berhasil memetakan 343 gerakan ataupun kegiatan literasi digital yg dilakukan oleh 56 peneliti dari 28 prodi di 26 perguruan tinggi yang tersebar di 9 kota.  Dari kegiatan ini akan dihasilkan buku panduan mengenai literasi digital yang nantinya akan dilaunching bertepatan dengan hari literasi dunia pada tanggal 8 September 2018. (Humas ULM)

Blog Attachment