APRESIASI BUPATI TANAH BUMBU TERHADAP HASIL INOVASI ULM

DSC_9345Batulicin (11/01/2018). Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. H. Sutarto Hadi,  M.Si., M.Sc dengan tim pengembangan obat tradisional dari Program Studi Farmasi FMIPA melakukan diskusi mengenai inovasi bersama Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming terkait dengan pengembangan tablet effervescent Pasak Bumi dengan merk dagang Borneo.   Di kediaman Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming menyampaikan apresiasinya atas inovasi-inovasi yang sudah dihasilkan oleh ULM. Hal ini sejalan dengan apa yang direncanakanya untuk terus mengembangkan produk-produk olahan asli dari Kalimantan Selatan. Bupati melalui yayasanya H. Maming 69 memberikan bantuan dana kepada ULM sebesar 600 juta rupiah yang rencananya digunakan untuk pembangunan pabrik effervescent pasak bumi di FMIPA ULM. Produk-produk olahan seperti ini harus didukung dan dikembangkan, Kalsel mempunyai potensi sumber daya alam yang baik dan sangat disayangkan apabila itu tidak dimanfaatkan dengan baik agar masyarakat bisa merasakan manfaat dan hasilnya, katanya.

Sementara itu Rektor Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M. Si., M.Sc menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Bupati Tanah Bumbu atas bantuan yang diberikan. Hal ini adalah bentuk kepedulian terhadap ULM.  Rektor juga menambahkan,  dari hasil diskusi ini muncul gagasan serta ide untuk pembangunan di Kalsel yang meliputi berbagai aspek, terutama pengembangan agroindustri. Kedepan akan dilaksanakan berbagai kerja sama strategis dalam bidang agroindustri di Tanah Bumbu dengan menggandeng ULM dan IPB.

Tim pengembangan tanaman obat tradisional ini telah berhasil melakukan inovasi akar pasak bumi menjadi tablet effervescent yang siap minum. Inovasi ini juga telah dipamerkan dalam Pameran Inovasi di Surabaya dan mendapat apresiasi dari Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr. Jumain Appe,  kata Rektor. (Humas ULM)

Blog Attachment