DUNIA KAMPUS SIAP PERANGI NARKOBA

DSC_8693

DSC_8693Stop Narkoba! Stop Narkoba! Stop Narkoba, kalimat tersebut terus digalakan dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (ARTIPENA) Kalimantan Selatan periode 2017-2019 di aula Rektorat ULM, Jum’at (22-12-2017). Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba (Artipena) Kalimantan Selatan periode 2017-2019. Prosesi pelantikan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Ketua DPP ARTIPENA Prof. Dr. Suryo Hapsono Tri Utomo, Ph.D , BNNP Kalsel, serta dihadiri oleh mahasiswa.
DSC_8727Ketua DPP ARTIPENA menyampaikan hampir 80% dari generasi muda yang telah terjerat narkoba itu pelajar dan mahasiswa. Ini adalah hal yang sangat memprihatinkan bagi dunia pendidikan. Pemberantasan narkoba tidak bisa dilakukan hanya dengan satu institusi. Dunia pendidikan memiliki peran penting untuk memerangi penggunaan narkoba, tambahnya. Keberadaan ARTIPENA akan sangat membantu menekan penyalahgunaan narkoba, utamanya di kalangan penerus bangsa. Hal yang sama juga disampaikan oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutannya, dengan lantang beliau menyerukan kepada mahasiswa agar memerangi narkoba. Musuh bangsa sekarang bukanlah para penjajah, melainkan kebodohan keterbelakangan dan penyalahgunaan narkoba, kata Gubernur. Lebih lanjut Gubernur melihat ARTIPENA seperti sebuah divisi tempur yang bergerak bersama masyarakat untuk memberantas peredaran dan juga penyalahgunaan narkoba. Sementara itu, Rektor ULM yang juga terpilih menjadi Ketua DPW ARTIPENA Kalsel menyampaikan semua elemen masyarakat harus membantu bersama sama mencegah peredaran narkoba. Kalimantan Selatan merupakan salah satu target besar untuk peredaran narkoba. Kita akan bersama-sama berkolaborasi bersama pemerintah dan instansi terkait untuk perangi narkoba. Tidak hanya itu, mahasiswa diperguruan tinggi juga diharapkan bisa menjadi pelopor untuk memerangi penyalahgunaan narkoba. ARTIPENA mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didalamnya juga akan menyangkut upaya pencegahan penggunaan dan peredaran gelap narkoba dengan melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mencegah peredaran narkoba.

DSC_8755Kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum kampus nusantara mengaji dengan tema “Membentuk Generasi Islami Anti Penyalahgunaan Narkoba” yang disampaikan oleh Kepala BBNP Kalsel Brigjen Pol. Drs. Nixon Manurung, M.AP, Sekjen DPP ARTIPENA Dr. Suyanto, SE, MM., M.Ak, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalsel Ir. Hermansyah, M.Si. Beliau memaparkan potret permasalah narkoba di Indonesia dimulai dengan kondisi geografis wilayah Indonesia yang menjadi posisi silang antar benua yang menjadi peluang bagi sindikat terhadap masuknya narkoba ilegal. Lebih lanjut beliau menyampaikan, kondisi kehidupan malam ditempat hiburan selalu ramai dan juga harga pasar di Indonesia sangat mahal dan terus meningkat. Kondisi seperti ini tentunya akan sangat berpengaruh bagi masyarakat. Kejahatan narkoba merupakan kejahatan yang luar biasa dan menimbulkan multiefek bagi kejahatan lain serta dapat mengganggu perekonomian negara dan tentunya berdampak buruk terhadap pengguna pengedar serta pemakainya sendiri. (Humas ULM)