MAHASISWA ULM TURUN KE MASYARAKAT DAERAH

DSC_7118Acara pelepasan mahasiswa pengabdian masyarakat Universitas Lambung Mangkurat dengan tema Aksi Nyata Dedikasi yang Berintegrasi Pada Program Bina Desa diselenggarakan di Aula Rektorat  lt.1 ULM (10/08/2017). Acara dihadiri oleh Gubernur Kal-Sel H. Sahbirin Noor, SH., MH, Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Wakil Rektor I Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, SE., M.Si, perwakilan dari Polda Kal-Sel dan Stakeholder terkait, serta para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat .

Mahasiswa yang mengikuti pengabdian masyarakat ini dilepas secara langsung oleh GuberDSC_7170nur Kal-Sel. Kegiatan akan dilaksanakan di desa Sapala, Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara pada 13 s.d 24 Agustus 2017. Kegiatan yang merupakan program kerja dari Lembaga Avokasi dan Aksi Mahasiswa ini diikuti oleh 40 mahasiswa perwakilan dari UKM yang ada di ULM dengan tujuan untuk membagikan pengetahuan kepada masyarakat serta mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam perkuliahan. Gubernur Kal-Sel menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kebangkitan dari mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang bersifat langsung turun ke masyarakat dan pasti masyarakat akan senang dengan kedatangan mahasiswa yang melaksanakan pengabdian, sekecil apapun nilainya tentu sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat ataupun desa yang dikunjungi. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi teladan agar bisa diikuti oleh mahasiswa lainnya baik dari ULM maupun perguruan tinggi lainnya, juga diharapkan agar kegiatan seperti ini intensitasnya lebih digelorakan kembali sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera.

Dalam wawancara Rektor ULM menjelaskan bahwa dalam pengabdian masyarakat ini mahasiswa akan melaksanakan program-program diantaranya penanaman kembali hutan yang gundul, pembinaan masyarakat, dan penyebaran bibit ikan air tawar. Dari kegiatan ini mahasiswa juga mendapat timbal balik, yaitu tumbuhnya pembinaan karakter khususnya daya tahan mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat daerah dan tinggal di daerah yang jauh dari tempat tinggal mereka. Diharapkan, dalam kegiatan ini para mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater ULM di masyarakat juga bisa memberikan sumbangsih pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat, sehingga dengan kontribusi yang diberikan mudah mudahan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. (Humas ULM)

 

Blog Attachment