SEMINAR NASIONAL SILVIKULTUR V DAN KONGRES MASYARAKAT SILVIKULTUR INDONESIA IV

sdfgsdfsdf

SEMINAR NASIONAL SILVIKULTUR V DAN KONGRES MASYARAKAT SILVIKULTUR INDONESIA IV

2017

Hutan tropika basah di Indonesia terdiri dari berbagai tipe hutan antara lain hutan dataran rendah, hutan pegunungan, hutan bakau, hutan rawa, hutan rawa gambut, hutan kerangas dan hutan pantai. Masing-masing hutan tersebut mempunyai susunan jenis dan struktur yang berbeda. Demikian pula tanah-tanah tempat tumbuhnya serta ketinggian tempat dari permukaan laut. Oleh karena itu sistem silvikultur yang dipilih untuk diterapkan pada masing-masing tipe hutan tersebut tidak perlu dan tidak dapat diseragamkan.

Sesuai dengan asas kelestarian hasil yang mendasari pengelolaan hutan maka pemilihan sistem silvikultur memerlukan pertimbangan yang seksama mencakup keadaan/tipe hutan, sifat silvik, struktur, komposisi, tanah, topografi, pengetahuan profesional rimbawan dan keberadaan masyarakat sekitar hutan. Pemulihan fungsi hutan memerlukan penerapan sistem dan teknik silvikultur yang tepat dalam rangka mewujudkan kelestarian produksi hutan dan kesejahteraan masyarakat didalam dan sekitar hutan.

Berdasarkan hal tersebut, Seminar Nasional Silvikultur ke-5 ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi ilmiah tentang perkembangan penelitian dan aplikasi teknik-teknik silvikultur dalam rangka memulihkan fungsi hutan secara lebih baik dalam segala aspeknya. Seminar ini juga merupakan rangkaian agenda seminar tahunan yang diselenggarakan oleh Masyarakat Silvikultur Indonesia (MASSI) yang dibarengi dengan Kongres MASSI dalam rangka meningkatkan peran silvikulturis agar semakin nyata dalam mendukung kebijakan pengelolaan hutan secara nasional.

Seminar ini mengangkat tema SILVIKULTUR UNTUK  PRODUKSI HUTAN LESTARI DAN RAKYAT SEJAHTERA” yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustur 2017 bertempat di Hotel Novotel Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan Field Trip Ekowisata Susur Sungai Martapura pada tanggal 24 Agustus 2017.

Informasi detil dapat klik di http://semnassilvikulturvunlam.com/

Blog Attachment