PUBLIC RELATION UNTUK CIPTAKAN HUBUNGAN HARMONIS DENGAN MASYARAKAT

DSC_4504Tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam UU. No 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas yaitu komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep bahwa organisasi perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR sebagai komitmen usaha untuk bertindak etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya, komuniti lokal dan masyarakat lebih luas. Terkait hal itu, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lambung Mangkurat mengadakan seminar nasional dengan mengangkat tema “Strategi Public Relations Dalam Kampanye Llingkungan di Kalimantan Selatan” bertempat  di aula Rektorat ULM, Sabtu (6/5/2017). Dengan mengundang narasumber yang terkait langsung dengan bidangnya yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Drs. Abdul Haris Makkie, M.Si., Asesor Lembaga Sertifikasi Public Relation Dr. Yani Tri Wijayanti, M.Si, dan Febriati Nadira yang merupakan Head Of Coorporate Communication PT Adaro Energy serta dihadiri oleh dosen dan mahasiswa ULM.

DSC_4510Kepedulian terhadap lingkungan/komunitas sebagai wujud Corporate Social Responsibility dilaksanakan oleh perusahaan bukan karena Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi trend global, akan tetapi perusahaan memiliki kesadaran tentang pentingnya mempraktekan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud kepedulian pada stakeholder yang telah memberikan dukungan terhadap kemajuan perusahaan. Tujuan CSR adalah untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar lokasi produksi dan bekerjasama dengan stakeholder untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Perusahaan harus memiliki komitmen melaksanakan tanggung jawab perusahaan di bidang sosial serta lingkungan sesuai dengan prinsip pengembangan lingkungan yang berkelanjutan baik secara ekonomi, sosial maupun lingkungan. Program tanggungjawab sosial perusahaan dalam pelaksanaan program bina lingkungan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah usaha agar masyarakat merasa ikut memiliki serta ikut bertanggungjawab dalam pengamanan asset perusahaan dari berbagai rintangan yang ada. Dengan demikian tercipta iklim yang sehat dan mendorong kondisi saling menguntungkan antara swasta dan Badan Usaha Milik Negara serta memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah usaha. Isi lingkungan seperti global warming, kesulitan air bersih, perubahan iklim serta pelestarian hutan tropis menjadi fokus bagaimana program CSR dari perusahaan ikut membantu menghadapi permasalahan lingkungan tersebut.  Salah satu cara yang dilakukan oleh CSR adalah dengan melakukan kampanye terhadap lingkungan, membatasi penggunaan AC dan cahaya lampu listrik againts animal testing, bring back bottle, konservasi, melakukan CSR dibidang pengelolaan air serta akses air bersih dan penyehatan lingkungan.

DSC_4480Wakil Dekan I FISIP ULM menyampaikan, isu isu lingkungan pada saat ini sangat penting dan sensitif karena kita menghadapai permasalahan lingkungan seperti pemanasan global. Seminar kali ini juga terkait langsung oleh program studi ilmu komunikasi untuk mencari tahu dan menambah pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana seorang public relation mampu berkomunikasi dengan masyarakat serta mampu untuk membantu melestarikan lingkungan di sekitar perusahaan tempat bekerjanya. Sementara itu, Wakil Rektor I ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, M.Si memberikan apresiasi kepada program studi ilmu komunikasi yang mengadakan acara seminar ini. Beliau berharap dengan acara seperti selain untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap materi yang disampaikan, kegiatan ini juga bisa meningkatkan proses pengembangan akademik di ULM untuk meningkatkan daya saing dan berkontribusi untuk peningkatan akreditasi. (Humas ULM)

Blog Attachment